Saturday 3 November 2018

Mengenal Sistem Among dan Satuan Terpisah

  
Selamat datang teman-teman yang berbahagia! Sudah lama Ksatria Arashi tidak memposting kegiatan Ambalan Rama-Shinta SMAN 1 Banyumas yang tentunya kini telah banyak mengalami perubahan. Kali ini Ksatria akan memberikan sedikit informasi tentang apa sih itu sistem Among dan Satuan Terpisah dalam Pramuka?

 ¤ Mengenal Sistem Among
Kata Among berarti mengasuh, memelihara atau menjaga. Dengan maksud memberikan kebebasan kepada adik-adik untuk dapat bergerak dan bertindak untuk menumbuhkan dan mengembangkan rasa percaya diri dan kreativitas adik-adik. 

Dengan kata lain memberi kesempatan kepada adik-adik untuk mengembangkan pribadi , bakat, dan kemampuan.  Pembina Pramuka sebagai Pamong hanyalah menjaga, membenarkan, meluruskan, menndorong, memberi motivasi tempat berkonsultasi dan bertanya. Sistem Among sendiri merupakan hasil pemikiran Ki Hajar Dewantara, yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Indonesia
§  “Ing ngarso sung tulodo” di depan menjadi teladan
§  “Ing madya mangun korso” di tengah-tengah membangun kemauan.
§ “Tut wuri handayani”dari belakang memberi daya/kekuatan atau dorongan

       ¤ Sistem Satuan Terpisah
Metode ini mengharuskan Satuan Pramuka Puteri dibina oleh Pembina Puteri, satuan Pramuka Putera dibina oleh Pembina Putera, Perindukan Siaga Putera dapat di bina oleh Pembina Puteri.

Satuan terpisah pada dasarnya bertujuan untuk melaksanakan pola dan mekanisme pembinaan untuk para Pramuka sesuai kebutuhan masing-masing pramuka baik itu putra maupun putri.

Di Ambalan Rama-Shinta sendiri sudah diterapkan sistem satuan terpisah dengan menyeluruh. Salah satunya terlihat dalam Jum’at Rutin yang sudah menganut pemisahan antar satuan putra/putri. 

Pramuka Satuan Putra Ambalan Rama Shinta



Pramuka Satuan Putri Ambalan Rama Shinta

No Response

Post a Comment

Selamat Datang

Selamat datang di Official Blog of Ambalan Rama Shinta SMA Negeri Banyumas. Di sini ada berbagai artikel edukatif kepramukaan yang dapat Sobat Baca, Unduh ataupun Salin. Di sini juga terdapat berbagai informasi tantang Organisasi Kami, kegiatan-kegiatan yang ada di Organisasi Kami, baik kegiatan rutin maupun kegiatan yang lain. Selamat Membaca!

Sepintas Tentang ARASHI

Arashi adalah Organisasi Pramuka yang ada di SMA Negeri Banyumas. SMA Banyumas memiliki Ekstrakurikuler Pramuka dengan Ambalannya yaitu RAMA dan SHINTA dengan GUDEP 10-1734 dan 10-1735. Kegaitan Kepramukaan adalah kegiatan yang resmi dan diatur dalam undang-undang yaitu UU No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka terbukti mampu meningkatkan kedisiplinan anggotanya.

Info